8 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan

8 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan - Manfaat daun sirih sebagai tanaman obat tidak perlu diragukan lagi, karena manfaat serta khasiat tanaman ini sudah dikenal secara turun-temurun sejak zaman dahulu. Mungkin sebagian orang selama ini lebih mengenal sirih berdaun hijau, dan tidak tahu kalau ternyata ada jenis sirih lain yang berwarna merah. 

Sekilas jika dilihat dari bentuk daunnya, tanaman sirih hijau dan merah tidak memiliki yang signifikan. Yang membedakan hanyalah warna daunnya, sirih hijau memiliki warna hijau, sedangakan dirih merah memiliki warna agak kemerahan.

 

8 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan
8 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan



Daun sirih merah dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang lebih beragam dibandingkan daun sirih berwarna hijau. Sejak zaman dahulu orang-orang memanfaatkan daun sirih merah untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti mimisan, keputihan, mata merah, dan banyak lagi. 

Khasiat daun sirih juga sudah teruji secara klinis, dan penelitian tentang tanaman ini juga terus dikembangkan.

Hasil penelitian Andayana Puspitasari, Apt., dari Biologi Farmasi, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, berhasil membuktikan jika ternyata daun sirih merah mengandung flavonoid, alkoloid, senyawa polifenolat, tannin dan minyak atsiri. 

Dengan berbagai kandungan yang dimilikinya, manfaat daun sirih diantaranya sebagai antiseptik, analgetik, mengendalikan gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meredakan nyeri.

8 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan

Daun sirih bukan hanya dikonsumsi dengan cara dikunyah, namun juga bisa direbus dan diambil khasiatnya. Manfaat rebusan daun sirih juga tidak kalah banyak.

Daun sirih mengandung sejumlah bahan aktif yang konsentrasinya bergantung pada jenis tanaman, musim, dan cuaca saat itu. Namun yang jelas, daun sirih paling dikenal karena aromanya yang datang dari kandungan afenol (chavicol), yang juga dapat berfungsi sebagai zat antiseptik.
Secara lengkap, berikut kandungan dan manfaat daun sirih maupun air rebusan daun sirih:

1. Mengatasi diare

Mengatasi diare adalah manfaat daun sirih yang pertama. Banyak mikroba yang bisa dilawan oleh kandungan sterol pada daun sirih. Mikroba tersebut adalah E. coli yang sering mengakibatkan diare. Bakteri lain yang dapat dibasmi dengan meminum air rebusan daun sirih, yakni Streptococcus pyrogen, Staphylococcus aureus, Proteus vulgaris, dan Pseudomonas aeruginosa.

2. Menyehatkan jantung

Bentuk daun yang seperti hati seakan-akan mencerminkan manfaat daun sirih itu sendiri sebagai tanaman yang dapat menyehatkan jantung.
Sebuah penelitian menyebut daun sirih memang dapat menguatkan organ vital tersebut sekaligus mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan ketidakteraturan irama jantung.

3. Mengobati luka lambung

Daun sirih yang disiram air panas terbukti memiliki lendir yang berguna untuk melapisi lambung. Hal ini menghadirkan manfaat rebusan daun sirih sebagai pelindung dinding lambung sehingga tidak mudah terluka ketika Anda mengalami kenaikan asam lambung maupun hal lainnya.

4. Mencegah karies gigi

Anggapan yang mengatakan nyirih dapat melindungi gigi rupanya terbukti secara ilmiah. Manfaat daun sirih ini berkaitan dengan fungsinya sebagai penghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbunan plak yang akhirnya menjadi karies gigi, seperti Streptococci, Lactobacilli, Staphylococci, Corynebacteria, Porphyromonas gingivalis, dan Treponema denticola.

Baca juga: 14 Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan

5. Menyehatkan alat reproduksi

Manfaat daun sirih selanjutnya ialah menyehatkan alat reproduksi. Ekstrak daun sirih yang didapat lewat air rebusan juga dapat diminum untuk menaikkan level kesuburan pada wanita. Manfaat rebusan daun sirih ini adalah menurunkan level estrogen yang mungkin memengaruhi tingkat kesuburan pada rahim Anda.

Selain diminum, air rebusan daun sirih juga bisa dijadikan sebagai pembasuh vagina. Pasalnya, air rebusan daun sirih juga terbukti dapat mengurangi keputihan, terutama pada wanita yang masih dalam usia produktif untuk memiliki keturunan.

6. Mampu mengatasi diabetes

Manfaat daun sirih selanjutnya ialah menurunkan kadar gula di dalam darah pada pasien diabetes tipe 2. Di dalam sebuah studi, para peneliti menggunakan bubuk daun sirih untuk diberikan pada partisipan. Hasilnya, gula darah turun tanpa efek samping.

7. Menurunkan kolesterol

Beberapa studi telah membuktikan bahwa manfaat daun sirih dapat menurunkan total kolesterol, kolesterol jahat (LDL), serta trigliserida. Selain itu, daun sirih juga dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Hal ini disebabkan oleh kandungan eugenol yang dimiliki oleh daun sirih. Eugenol adalah antioksidan alami yang dapat menetralisir radikal bebas.

8. Membantu proses penyembuhan luka bakar

Ternyata, manfaat daun sirih juga dianggap bisa membantu proses penyembuhan luka bakar. Sebab, antioksidan yang dimiliki oleh daun sirih dapat menurunkan kadar stres oksidatif yang sering kali memperlambat proses penyembuhan luka bakar.

Daun sirih juga sudah banyak diolah sebagai obat maupun bahan tambahan dalam berbagai produk kecantikan sehingga dengan mudah dapat Anda merasakan manfaatnya.


Namun sebelum mencoba berbagai manfaat daun sirih di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya efek samping dari daun sirih yang tidak kita ketahui.

 TAGS


 

manfaat daun sirih hijau
manfaat daun sirih bagi wanita
manfaat daun sirih untuk wajah
efek samping daun sirih
manfaat daun sirih untuk mata
manfaat daun sirih untuk lambung
manfaat daun sirih untuk kejantanan pria
manfaat daun sirih merah

8 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan