Kamis, 17 Juni 2021

Diet dengan Jeruk Nipis? Perhatikan Efek Sampingnya!

efek samping diat menggunakan jeruk nipis
kiatkiatku.com | Efek Samping Diet Dengan Jeruk Nipis
Kiatkiatku.com - Buah jeruk nipis memang kerap sekali dikaitkan dalam membantu turunkan berat badan. Hal itu karena kandungan asam di jeruk nipis dipercaya mampu untuk lunturkan lemak pada tubuh. Namun, apakah benar jeruk nipis bermanfaat untuk diet dan sudah terbukti? Lalu adakah efek sampingnya? Nah, jika kamu ingin tahu, bisa simak pembahasan di bawah ini sampai selesai!

Jeruk Nipis Turunkan Berat Badan?

Jaime Ackerman Foster, seorang ahli diet, menjelaskan di laman Livestrong bahwa jeruk nipis dapat membantu turunkan berat badan itu tak terbukti benar. Jaime menyebutkan masih belum ada bukti untuk itu. Namun, alih-alih jeruk nipis untuk turunkan berat badan, buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan yang cukup banyak.

Hal itu karena buah ini mempunyai kandungan vitamin C tinggi. Sekitar 22 persen kebutuhan dari vitamin C harian untuk tubuh dapat terpenuhi dengan minum segelas air jeruk nipis. Selain vitamin C, jeruk nipis mengandung beberapa nutrisi seperti fosfor, kalsium, dan potasium.
Kandungan-kandungan nutrisi itu, membuat manfaat jeruk nipis untuk kesehatan menjadi cukup beragam. Misalnya saja menurunkan risiko penyakit kanker, menguatkan imunitas, sampai mengontrol gula darah.

Tapi, meskipun manfaat jeruk nipis untuk turunkan berat badan belum terbukti, mitosnya yang beredar tentang jeruk nipis untuk bantu diet ini telah banyak yang meyakini. Itu disebabkan karena asam nitrat di dalam jeruk nipis dapat untuk tingkatkan metabolisme serta bantu dalam membakar kalori serta lemak di dalam tubuh.

Namun, tahukah kamu jika diet dengan jeruk nipis terdapat juga beberapa efek sampingnya? Nah, di bawah ini akan dibahas berbagai efek samping diet dengan jeruk nipis, antara lain:

Efek Samping dari Jeruk Nipis

Mengonsumsi jeruk nipis untuk kamu yang jalani diet, kamu tidak bisa sembarangan. Hal itu karena tak semua orang punya toleransi baik pada jeruk nipis serta tak disarankan untuk kondisi-kondisi tertentu.

  • Gangguan pada Lambung

Beberapa orang mungkin dapat mengalami kenaikan asam lambungnya sesudah konsumsi jeruk nipis yang disebabkan oleh keasamannya. Bahkan apabila kamu mempunyai masalah pencernaan serta konsumsi air jeruk nipis pada saat perut kosong, dapat memicu mual, mulas, muntah serta kesulitan dalam menelan.

  • Alergi Sitrus

Orang yang memiliki alergi pada buah-buahan sitrus, misalnya jeruk, jeruk nipis ataupun lemon, biasanya akan memberikan respon alergi. Jika kamu mempunyai alergi sitrus ini, dampak mengonsumsi jeruk nipis untuk diet bisa mengakibatkan gatal-gatal serta bengkak di tubuh sampai kesulitan dalam bernapas.

  • Gigi Berlubang

Efek samping diet dengan jeruk nipis selanjutnya adalah resiko gigi berlubang. Hal itu disebabkan karena rasa asam pada jeruk nipis. Rasa asam tersebut dapat untuk mengikis enamel gigi.

Nah itulah beberapa efek samping diet dengan jeruk nipis atau kamu terlalu berlebihan dalam mengonsumsi buah tersebut. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar