Rabu, 09 Juni 2021

Lihat! Inilah Keuntungan Makan Perlahan

pola makan sehat
kiatkiatku.com | Pola Makan
Kiatkiatku.com - Salah satu bagian dalam proses pencernaan makanan adalah mengunyah. Ketika makan, disarankan untuk selalu mengunyah makanan secara benar serta perlahan. Akan tetapi, gaya hidup yang serba cepat dan kerap tergesa-gesa membuat cukup banyak orang dan mungkin juga kamu mengunyah makanan secara cepat, lalu menelannya segera.

Padahal jika kamu tahu, ada cukup banyak manfaat dari mengunyah makanan dengan pelan. Maka dari itu, kamu sebenarnya wajib untuk makan tidak terlalu cepat.

Nah, supaya kamu lebih jelas lagi mengapa harus makan secara perlahan. Di sini akan membahas tentang beberapa keuntungan makan perlahan yang sebaiknya kamu ketahui. Mari simak!

Berbagai Manfaat dari Makan Perlahan untuk Tubuh

  • Menurunkan Berat Badan

Selain olahraga untuk diet seperti lari, renang, lompat tali dan sebagainya serta makan makanan sehat, menurunkan berat badan salah satu caranya adalah dengan makan secara pelan. Makan pelan bisa memberikan kesempatan bagi tubuh dalam mengirimkan sinyal pada otak tentang kondisi perut, apakah perut sudah merasa kenyang atau masih belum.

Hal ini bisa untuk membantu kamu dalam menurunkan berat badan lebih efektif dan cepat. Untuk kamu yang nafsu makannya berlebih, makan pelan adalah langkah awal yang mudah untuk dilakukan dalam sukseskan program diet dan penurunan berat badan. 

  • Lancarkan Pencernaan

Air liur nantinya memecah partikel makanan ketika kamu mengunyah makanan. Makan perlahan bisa untuk membuat produksi dari air liur bertambah. Nah, air liur tersebut mempunyai manfaat untuk bisa membunuh bakteri yang bisa untuk mempengaruhi saluran cerna.

Apabila kamu makan secara cepat akan membutuhkan waktu lebih banyak serta bakteri di makanan bisa untuk menimbulkan gas. Pasalnya itu bisa untuk memunculkan gangguan pada pencernaan, misalnya sakit perut atau buang gas secara berlebihan.

  • Cegah Bau Mulut

Keuntungan makan perlahan serta benar bisa untuk membantu dalam mencegah plak dan bau mulut. Pembentukan plak dapat dinetralkan oleh air liur karena kandungan hydrogen karbonat yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya itu, air liur pun mampu untuk membunuh bakteri yang berbahaya serta dapat menyapu sisa makanan yang ada pada sekitar gigi.

  • Cegah Resistensi Insulin

Resistensi insulin dapat disebabkan oleh kebiasan makan yang cepat. Resistensi insulin sendiri merupakan kondisi saat sel-sel tubuh tidak mampu untuk menyerap gula darah secara baik dikarenakan terganggunya respon dari sel tubuh pada insulin. 

Hal tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, makan secara cepat bisa menyebabkan timbulnya sindrom metabolic. Sindrom ini adalah kombinasi berbagai macam gejala penyakit seperti kolesterol, obesitas, tekanan darah tinggi, serta resistensi insulin. 

Nah, itulah berbagai keuntungan makan perlahan yang bisa kamu dapatkan. Bagaimana? Apakah mulai sekarang kamu ingin mencoba makan lebih pelan? Semoga bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar