Minggu, 27 Juni 2021

Tahukan Anda, Bagaimana Mengenali Ciri Kopi Berkualitas Bagus dan Tidak?

Kopi kualitas terbaik
kiatkiatku.com | Kopi Kualitas Terbaik
Kiatkiatku.com - Berbicara mengenai kopi, banyak orang mulai bingung karena ada diantara mereka yang menilai kooi bagus adalah kopi dengan aroma dan rasa terbaiknya. Namun, ada juga yang menilai kopi bagus dilihat dari tekstur bubuknya, jadi yang benar yang mana ya?
Untuk mengetahui lebih detail kopi kualitas terbaik cobalah simak review kopi ini yuk!

  • Tidak disimpan dalam kulkas

Proses pemetikan biji kopi harus disortir dengan baik, biji kopi yang telah cukup umur dan warnanya merah kehitaman merupakan tanda bahwa biji matang sempurna. Setelah dipetik, biji kemudian dijemur hingga benar-benar kering. Apabila Anda benar dalam menjemur maka biji tahan lama hingga berbulan – bulan. Tanpa Anda menyimpan di kulkas pun biji kopi akan bagus. Namun, jika biji kopi Anda simpan di kulkas alhasil aroma kopi rusak dan kualitasnya menurun.

  • Biji kopinya bagus

Biji kopi yang bagus terlihat dari kulitnya yang segar dan kencang, jika dilempar akan berasa berbobot, warnanya cerah, tetapi bukan jaminan kalau warna cerah pasti bijinya bagus. Terkadang warna cerah bagian dalamnya kopong atau keropos. Hal tersebut tidak bagus apabila dibuat bubuk kopi, rasanya rusak dan banyak pengotor yang mengambang.

  • Proses roastingnya sesuai aturan

Sebelum biji kopi dibuat menjadi bubuk, memang ada tahapan roasting atau sangrai. Biji kopi yang diroasting jangan sampai gosong. Jika gosong akan membuat warnanya semakin gelap dan kemungkinan rasa semakin pahit, aromanya pudar dan tidak bisa dikatakan sebagai kopi terbaik padahal bijinya sudah dipilih terbaik.

  • 100% murni kopi

Kopi sachet yang beredar di pasaran dengan harga sangat terjangkau memiliki kandungan kopi yang tidak 100%. Mereka dicampur dengan bubuk jagung yang telah digiling dan dimasukkan dengan aroma kopi, gula dan susu. Kopi kualitas terbaik adalah kopi yang 100% terbuat dari biji kopi unggulan, sudah itu saja. Hanya ada campuran gula sebagai pemanis rasa.

  • Tidak banyak ampas

Kopi yang 100% terbuat dari biji tanpa campuran ternyata kalau sudah menjadi bubuk tidak meninggalkan limbah atau ampas. Untuk jenis robusta kopinya tidak meninggalkan ampas, atau sedikit ampas sedangkan untuk jenis arabica memang ada semacam ampas kasar dengan rasa yang cenderung asam. Namun, walaupun memiliki ampas mereka berdua (robusta dan arabica) setelah diseduh lebih jernih dari kopi yang beredar di pasaran.

Kopi memiliki banyak manfaat seperti menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, menanggulangi pikun dini, mengembalikan mood. Untuk membuat kopi yang sedap dan enak ala cafe, Anda bisa menggunakan alat Vietnam Drip. Rasanya menjadi lebih matang tanpa meninggalkan aroma khas robusta atau arabica.

Cukup jelas ya tentang kopi kualitas terbaik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar