4 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan yang Harus Anda Para Wanita Ketahui!

daun sirih
kiatkiatku.com | Daun Sirih
Kiatkiatku.com - Manfaat daun sirih tidak hanya untuk kesehatan saja, namun juga untuk kecantikan kulit dan wajah Anda. Daun sirih memang mempunyai beberapa kandungan, salah satunya minyak atsiri, yang memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan juga antiprotozoal. Kandungan-kandungan tersebut, dapat Anda aplikasikan pada wajah, rambut atau juga kulit tubuh Anda.  

  • Mampu mengatasi rambut rontok

Manfaat daun sirih yang pertama akan dibahas adalah untuk mengatasi rambut rontok. Cara mengatasinya juga sangat mudah, cukup cuci bersih sekitar 5 lembar daun sirih, kemudian haluskan. Campurkan dengan minyak wijen, secukupnya. Aduk hingga rata, dan aplikasikan sebagai masker rambut, secara merata, ke seluruh permukaan kulit rambut. Diamkan selama 1 jam, setelah itu cuci hingga bersih, dengan menggunakan sampo berbahan ringan.   

  • Obat anti jerawat dan mengatasi komedo

Berikutnya adalah manfaat daun sirih untuk wajah. Kandungan anti inflamasi dan anti bakteri dari daun sirih, terbukti baik untuk mengatasi masalah jerawat, baik sebelum, hingga mengatasi jerawat, bahkan mengatasi bekas jerawat itu sendiri.

Adapun untuk mengatasi masalah jerawat itu sendiri cukup mudah, cukup menggunakan air rebusan daun sirih saja. Caranya adalah dengan mencuci 5 lembar daun sirih, kemudian rebus bersama sekitar 3 gelas air, hingga mendidih. Biarkan hingga dingin, dan cuci wajah, dengan menggunakan air rebusan tersebut. Lakukan hal tersebut, 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Atau Anda juga dapat mengoleskan pasta daun sirih yang dicampurkan dengan kunyit. Aplikasikan ke wajah secara merata. Tunggu selama sekitar 5 menit, dan bersihkan dengan menggunakan air bersih. Sama sebelumnya, lakukan hal tersebut, 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.    

  • Mengatasi bau badan

Adapun manfaat daun sirih untuk kecantikan adalah mampu mengatasi bau badan. Ada 2 macam cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau badan tersebut, yaitu dengan merebus sekitar 10 hingga 15 lembar daun sirih yang sudah dibersihkan. Dengan air secukupnya, untuk Anda gunakan sebagai mandi kelak. Gosok daun sirih, atau air sirih tersebut ke seluruh tubuh, terutama bagian ketiak, hingga bersih.

Cara lainya adalah dengan menggunakan air rebusan tersebut, untuk selanjutnya diaplikasikan ke bagian ketiak. Gosok secara perlahan, agar aroma sirih, menempel ke permukaan ketiak.  

  • Membersihkan vagina

Anda juga dapat membuat sendiri ramuan untuk membersihkan vagina. Terutama Anda yang kurang percaya diri, ketika bagian organ intim tersebut, terasa gatal, mengeluarkan aroma tidak sedap, keputihan, dan masalah lainnya.

Cukup rebus 5 lembar daun sirih, yang sebelumnya sudah dicuci bersih, lalu tunggu hingga air rebusan tersebut dingin. Berikutnya gunakan untuk membilas bagian organ intim tersebut.

Selain manfaat daun sirih yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat lain yang akan didapat untuk kecantikan kulit dan wajah Anda, seperti mampu menurunkan berat badan, menyehatkan mata, mengatasi komedo, mengatasi gatal, mengatasi flek hitam dan yang lainnya.

4 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan yang Harus Anda Para Wanita Ketahui!