Ingin Sehat, Konsumsi 5 Makanan Sehat Untuk Jantung

menjaga jantung tetap sehat
kiatkiatku.com | Jantung Sehat
Kiatkiatku.com - Menjaga kesehatan jantung sangat penting agar terhindar dari berbagai penyakit seperti jantung koroner atau serangan jantung. Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ tersebut. Apa saja makanan tersebut?

  • Ikan

Makanan sehat untuk jantung yang pertama adalah aneka jenis ikan, khususnya ikan salmon dan ikan tuna. Salmon mengandung asam lemak omega 3. Ini adalah lemak sehat yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko gangguan irama jantung. Salmon juga mampu mengurangi peradangan dan menurunkan trigliserida. Jenis ikan lainnya yang kaya akan omega 3 adalah ikan tuna, ikan sarden, dan ikan teri.

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang termasuk makanan sehat untuk jantung adalah edamame, almond, dan kacang kenari. Edamame atau kedelai jepang mengandung protein nabati yang dapat menurunkan kolesterol.

Kacang almond juga dapat menjadi alternatif makanan sehat untuk jantung dan kolesterol karena dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Jenis kacang ini mampu menawarkan kandungan sterol, serat, dan juga lemak sehat untuk menyehatkan jantung.

Jenis kacang lainnya yang bagus untuk jantung adalah kenari. Kenari dapat mencegah terjadinya peradangan pada arteri jantung. Beberapa kandungan baik dari kacang kenari adalah lemak sehat, omega 3, dan serat. Selain itu, kacang kedelai dan produk olahannya seperti tahu juga dapat menyehatkan jantung karena memberikan asupan protein nabati, lemak tak jenuh ganda, dan serat.

  • Aneka Buah Beri

Ini adalah makanan sehat untuk jantung dan paru-paru. Buah beri-berian kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari peradangan dan stress oksidatif yang merupakan pemicu penyakit jantung. Beberapa contohnya adalah stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry. Berdasarkan studi, konsumsi buah beri secara rutin akan meningkatkan fungsi sel pada pelapis pembuluh darah. Hasilnya pembekuan darah dan tekanan darah yang dapat mempengaruhi jantung pun bisa mudah dikontrol.

  • Alpukat

Alpukat termasuk salah satu super food yang menawarkan banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk jantung. Manfaat ini diperoleh karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal. Zat tersebut berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Ketika kolesterol jahat menurun, maka resiko terkena penyakit jantung pun menjadi lebih rendah. Buah alpukat juga mengandung kalium untuk membantu kinerja jantung agar tetap sehat.

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa alicin yang membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Ekstrak bawang putih dapat menghambat penumpukan trombosit sehingga mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah dan stroke.

bahanmakanan sehat
Source Image: tokopedia.net | Makanan Sehat

Selain kelima makanan di atas, mengonsumsi sayuran hijau dan yoghurt juga sangat dianjurkan. Hanya mengkonsumsi makanan-makanan tersebut tentu masih belum cukup untuk menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain dengan makanan sehat untuk jantung, Anda juga wajib menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari kebiasaan merokok, tidak begadang, dan olahraga teratur.

Ingin Sehat, Konsumsi 5 Makanan Sehat Untuk Jantung