Memakai Hijab Bukan Menjadi Penghalang Untuk Memiliki Rambut Menawan

kebiasaan salah sebelum memakai hijab
kiatkiatku.com | Penyebab Kerusakan Rambut

Kiatkiatku.com - Memakai hijab, turban atau penutup rambut lain tidak sepenuhnya menghindarkan kerontokan pada rambut. Padahal rambut sudah terlindungi terutama dari sinar matahari yang bisa merusak rambut. Agar rambut tetap sehat meski berhijab perlu adanya perhatian dari pemilik rambut.

Penyebab Kerusakan

Banyak orang menganggap penutup kepala akan mengurangi sirkulasi udara pada kepala dan rambut sehingga merusak rambut. Kurangnya sirkulasi udara akan berakibat pada kesehatan kulit dan bukan penyebab utama rusaknya rambut sehat. Berikut ini adalah penyebab kerusakan rambut pada pemakai hijab.
  • Mengikat rambut saat masih basah
Karena buru-buru dan rambut masih basah atau belum sepenuhnya kering sering membuat pemilik rambut mengikatnya. Rambut yang basah atau lembab akan lebih rentan rontok dan patah. Penyebabnya rambut masih menyerap air dan elastisitas rambut masih kurang.
  • Memilih sampo yang tidak tepat
Kelembaban rambut yang tidak terjaga terjadi karena kurangnya nutrisi dan rambut dapat rusak. Dukung kesehatan rambut dengan memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut. Pilih juga produk yang memiliki nutrisi tepat bagi rambut hijabers.
  • Memakai dalaman hijab yang terlalu ketat
Pemakaian penutup rambut terutama dengan dalaman yang terlalu kuat akan menekan rambut. Tekanan yang terlalu lama akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Gunakan dalaman dengan bahan lembut dan elastis agar rambut tetap sehat meski berhijab.
  • Terlalu kencang mengikat rambut
Cara mengikat rambut yang terlalu kencang akan meninggalkan bekas ikatan pada rambut. Ketika melepas pengikat rambut akan ikut rontok. Hal ini menandakan adanya kerusakan pada rambut sehat.

makanan pendukung kesehatan rambut
Source Image: www.alodokter.com | Makanan Pendukung Kesehatan Rambut

Makanan Pendukung Kesehatan Rambut

Selain melakukan perawatan rambut yang tepat bisa juga mengkonsumsi beberapa makanan berikut sehingga rambut tetap sehat meski berhijab.
  • Pisang
Vitamin B6 pada pisang akan membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih baik. Pisang juga akan membantu memelihara folikel pada rambut sehingga rambut menjadi sehat dan tampak bersinar.
  • Bayam
Vitamin A, vitamin C, beta karoten, dan folat pada bayam merupakan nutrisi yang berperan untuk menjaga kesehatan rambut. Nutrisi tersebut akan membantu menghindarkan rambut dari kerapuhan.
  • Yoghurt
Greek yoghurt memiliki kandungan B5 yang mencegah rambut rontok dan penipisan rambut. Selain itu greek yoghurt dapat melancarkan aliran darah ke kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut akan lebih baik.
  • Ikan
Ikan yang memiliki nutrisi asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kerontokan pada rambut. Zat besi dan vitamin B12 pada ikan juga dapat membantu menyehatkan rambut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut bisa dengan mengkonsumsi ikan salmon atau makarel.
  • Wortel
Sayur yang kaya akan vitamin A ini tidak hanya berperan untuk menjaga kesehatan mata tetapi bisa membuat rambut berkilau. Vitamin A juga akan menjaga minyak alami serta menjaga kesehatan kulit kepala.


Memakai Hijab Bukan Menjadi Penghalang Untuk Memiliki Rambut Menawan