Makanan-Makanan Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

makanan untuk otak
kiatkiatku.com | Makanan Untuk Otak

Kiatkiatku.com - Ada cukup banyak hal yang pengaruhi kecerdasan anak. Tidak hanya genetic serta stimulasi, nutrisi merupakan faktor yang penting dalam menunjang perkembangan otak pada anak yang nanti bisa berdampak ke kecerdasan. Nah, apa saja makanan yang baik untuk tingkatkan kecerdasan otak anak?

Berikut adalah beberapa makanan tingkatkan kecerdasan otak tersebut:

Macam-Macam Makanan untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak

  • Ikan Kembung

Ikan laut yang bagus untuk tingkatkan kecerdasan otak adalah ikan kembung. Ikan ini mengandung omega 3 tinggi. Ikan kembung ini cukup mudah untuk didapatkan di Indonesia.

Selain itu, ikan lainnya yang baik tingkatkan kecerdasan otak adalah tongkol, tuna, serta sarden, yang mana sama mengandung omega 3 tinggi sehingga sangat baik untuk diberikan pada anak.

  • Ikan Salmon

Ikan ini juga mengandung omega 3 dan juga protein yang berkualitas tinggi yang penting sekali untuk perkembangan otak anak. Ikan yang berlemak ini mudah sekali untuk kamu olah ke berbagai macam masakan. Contohnya saja kamu bisa mencampurkan salmon pada bubur MPASI atau masakan lainnya sesuai dengan seleramu.

  • Hati Ayam dan Ayam

Ayam mempunyai kandungan protein hewani tinggi serta penting bagi pertumbuhan anak, termasuk juga untuk perkembangan otak. Tidak hanya daging, hati ayam pun penting untuk diberikan pada anak dikarenakan mempunyai zat besi tinggi.

  • Daging Merah

Makanan tingkatkan kecerdasan otak yang berikutnya adalah daging merah. Makanan ini adalah sumber protein yang kaya akan zat besi sehingga penting untuk pertumbuhan dari otak anak. Olahan serta resep makanan bagi kecerdasan otak anak cukup bervariasi. Misalnya saja, daging merah ini bisa untuk direbus, dikukus kemudian dipotong-potong kecil. Sajikan saja sesuai dengan seleramu atau anakmu. Kamu sebaiknya pilih daging segar seperti ham, sosis, untuk nutrisi lebih optimal.

  • Susu

Tak hanya mengandung lemak dan protein, susu mempunyai kandungan vitamin-vitamin yang bisa untuk menunjang pertumbuhan anak, termasuk otak. Susu UHT bisa kamu berikan sejak anak usianya memasuki 1 tahun. Setelah usianya 2 tahun, kamu bisa konsumsi susu 1 sampai 2 gelas sehari sebagai asupan nutrisinya.

  • Telur

Putih telur terdapat kandungan protein tinggi. Sedangkan kuning telur mengandung omega 3 dan lemak yang baik bagi pertumbuhan otak. Alasan inilah yang menjadikan telur sebagai pilihan makanan meningkatkan kecerdasan otak anak.

  • Lemak Hewani

Selain lemak nabati, lemak hewani pun bisa untuk kamu tambahkan pada MPASI. Contohnya lemak daging dan butter. Pastinya mengonsumsi lemak ini pun perlu untuk melihat kondisi dari gizi anak. Untuk anak yang sudah obesitas serta gizi yang lebih, mengonsumsi makanan mengandung lemak perlu untuk kamu batasi.

jenis-jenis makanan untuk otak
Source Image: www.utakatikotak.com | Jenis-jenis Makanan
Nah, itulah beberapa makanan tingkatkan kecerdasan otak yang bisa untuk kamu olah di rumah. Tidak hanya untuk anak, makanan-makanan tersebut juga baik untuk dikonsumsi oleh orang dewasa seperti kamu. Semoga bermanfaat.

Makanan-Makanan Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak