Jaga Kesehatan Pencernaan dengan Makanan-Makanan Ini

pola makan sehat
kiatkiatku.com | Makanan Sehat
Kiatkiatku.com - Salah satu organ yang mempunyai peran penting untuk kesehatan tubuh adalah saluran pencernaan. Organ sistem pencernaan mempunyai fungsi di dalam mengolah semua asupan makanan serta membuang sisa-sisanya. Jika kinerja dari organ sistem pencernaan bekerja secara tak seimbang, maka pencernaanmu bisa terganggu. Dengan begitu bisa menimbulkan kram, sakit perut, kembung, sembelit hingga diare.

Maka dari itu, kamu wajib untuk menjaga kesehatan dari saluran pencernaan. Ada cukup banyak cara untuk itu, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tepat. Nah, berikut adalah beberapa makanan baik untuk kesehatan pencernaan.

Makanan-Makanan Baik untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

  • Yogurt

Yogurt merupakan makanan dari susu fermentasi bakteri asam laktat. Yogurt ini adalah salah satu bahan makanan yang di dalamnya terkandung bakteri baik yaitu probiotik. Bakteri ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan fungsi pencernaan dan juga menjaga kesehatan usus. Probiotik bisa untuk membantu dalam mengatasi dan mengobati masalah pencernaan seperti diare, sembelit, serta kembung.

  • Buah Apel

Buah apel kaya kandungan serat dan pektin. Pada pencernaan bakteri baik akan memecah pektin pada usus besar. Nah, hasilnya nanti pektin bisa untuk meningkatkan volume kotoran atau feses. Maka dari itu, umumnya pektin sering untuk dipakai menjadi cara untuk atasi diare dan sembelit. Serat pun sudah terbukti dapat turunkan risiko dari infeksi usus dan juga pembengkakan pada usus besar.

  • Buah Pepaya

Makanan baik untuk kesehatan pencernaan selanjutnya adalah buah pepaya. Dalam buah ini terkandung chymopapain dan papain yang merupakan enzim yang mendukung kerja dari sistem pencernaan dengan cara membantu dalam memecah protein. Walaupun masih dibutuhkan penelitian yang banyak, namun mengonsumsi pepaya dapat untuk jadi pilihan yang tepat dalam mengisi kebutuhan dari serat harianmu.

  • Daun Mint

Makanan sehat untuk pencernaan lainnya adalah daun mint. Daun ini bisa untuk meredakan masalah pencernaan serta ampuh untuk membantu dalam mengatasi gejala-gejala yang ada kaitannya dengan sindrom iritasi usus. Bahan alami yang satu ini dapat untuk membantu dalam melambatkan kerja dari otot perut ataupun mengurangi resiko dari terjadinya kejang yang bisa untuk picu rasa mual.

Manfaat yang lainnya daun mint adalah dapat melancarkan tumpukan pergerakan udara pada saluran pencernaan. Udara itu merupakan penyebab dari kram perut, kembung serta lain-lainnya. Tidak hanya itu, daun mint dapat untuk mempunyai efek yang melancarkan pergerakan usus.

  • Buah Kiwi

Buah yang satu ini sangat berkhasiat untuk pencernaan. Hal itu karena kiwi mengandung enzim yang dapat membantu kerja pencernaan. Advance in Food and Nutrition Research menerbitkan sebuah penelitian yang menemukan jika kandungan enzim actinidin pada buah kiwi bisa untuk membantu dalam mencerna makanan yang mana dapat melancarkan kerja dari sistem pencernaan.

Itulah berbagai makanan baik untuk kesehatan pencernaan. Bila kamu ingin pencernaanmu lebih sehat, kamu bisa konsumsi makanan-makanan di atas secara teratur. Semoga bermanfaat.

Jaga Kesehatan Pencernaan dengan Makanan-Makanan Ini