Ingin Tubuh Tetap Sehat, Yuk Konsumsi Alpukat!

buah alpukat
kiatkiatku.com | Alpukat
Kiatkiatku.com - Tahukah kamu bahwa alpukat sering disebut makanan super, lho? Kok bisa sih? Sudah jelas karena kandungan nutrisi di dalamnya, sehingga tak mengherankan ketika mengonsumsi alpukat, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Penasaran apa saja? Di bawah ini adalah beberapa manfaat alpukat yang harus kamu ketahui.

  • Mencegah Osteoporosis

Ternyata setengah dari buah ini terdapat kandungan sekitar 25% asupan dari vitamin K harian lho. Terkadang nutrisi yang satu ini sering diabaikan, namun penting sekali untuk kesehatan tulang. Tentunya mengonsumsi makanan yang di dalamnya terdapat kandungan vitamin K yang memang cukup bisa mendukung kesehatan tulang kamu dengan meningkatkan penyerapan dari kalsium hingga mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Menurunkan Risiko Depresi

Manfaat alpukat untuk kesehatan yang satu ini tak boleh disepelekan begitu saja. Ya, alpukat sendiri mengandung folat yang tinggi yang bisa mengurangi risiko depresi. Hal ini dikarenakan folat dapat membantu untuk mencegah penumpukan homosistein. Tau nggak sih ternyata kelebihan homosistein juga bisa mengganggu produksi dopamin, serotonin, hingga norepinefrin, yang dapat mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur.

  • Memperbaiki Pencernaan

Walaupun memiliki tekstur yang lembut, sebenarnya alpukat kaya akan serat yang memiliki kandungan sekitar 6 hingga 7 gram untuk setengah buahnya. Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki serat alami, tentu saja hal ini dapat membantu kamu mencegah sembelit, menurunkan risiko dari kanker usus besar, hingga menjaga saluran pencernaan. Dengan manfaat alpukat ini, pastinya kamu nggak akan malas lagi untuk mengonsumsi alpukat kan?

  • Melindungi Kamu dari Penyakit Kronis

Pastinya setiap orang sangat menginginkan tubuh yang sehat. Nah, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi ternyata dikaitkan pula dengan penurunan risiko dari penyakit stroke, jantung koroner, hipertensi, obesitas, diabetes, hingga penyakit gastrointestinal tertentu.

Selain itu, asupan serat yang juga tinggi telah terbukti bisa menurunkan tekanan darah hingga kadar kolesterol, penurunan berat badan untuk penderita obesitas, dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Sangat Baik untuk Mata

Manfaat alpukat untuk tubuh yang terakhir adalah sangat baik untuk mata. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin. Nah, pastinya kamu bertanya-tanya kan kok bisa sih alpukat bermanfaat untuk mata? Hal ini dikarenakan alpukat mengandung antioksidan dan beta-karoten, sehingga sangat baik untuk mata. Buah ini pun mengandung zeaxanthin dan lutein. Kedua nutrisi ini dapat menjaga penglihatan hingga meminimalkan kerusakan yang terjadi karena sinar ultraviolet.

Dengan berbagai manfaat alpukat yang telah dipaparkan di atas, pastinya kamu tak akan ragu lagi untuk mengonsumsi buah yang disebut sebagai superfood ini, kan? Dan yang paling penting adalah jangan lupa untuk memilih alpukat yang masih segar ya.

Ingin Tubuh Tetap Sehat, Yuk Konsumsi Alpukat!