Serba Serbi Kopi, Nikmat! Juga Menyehatkan

serba serbi kopi
kiatkiatku.com | Serba Serbi Kopi

Kiatkiatku.com -  Kopi sudah menjadi minuman yang familier di tengah masyarakat. Kebanyakan orang mengonsumsi kopi untuk memperoleh tendangan kafein, agar lebih sigap & bersemangat menjalani aktivitas. Kopi sendiri memiliki berbagai macam varian rasa, loh. Mulai dari harum hingga teksturnya. Semua varian itu merupakan cabang dari 2 jenis biji kopi, yaitu robusta dan arabika. Kopi-kopi robusta memiliki warna yang pekat. Rasanya pun seperti kacang-kacangan dengan tekstur yang lebih kasar. Sedangkan kopi arabika, rasanya cenderung asam dan memiliki warna lebih cerah.

Terkesan cocok-cocokkan, penikmat kopi sejati pastinya memiliki preferensi spesifik untuk varian minumannya. Dari kopi Aceh, hingga kopi Vietnam. Dari kopi yang disajikan dingin, maupun kopi yang disajikan hangat. Lalu apa saja sih manfaat kopi selain mencegah rasa kantuk? Kenapa animo masyarakat begitu tinggi tentang kopi? Mari kita simak bersama-sama, kandungan baik yang ada pada kopi. 

Kandungan Nutrisi Yang Dibutuhkan Tubuh

Ternyata oh ternyata! Manfaat kopi tidak hanya untuk menghindari rasa kantuk & menambah energi anda. Dilansir dari alodokter.com, kopi mengandung sejumlah nutrisi diantaranya antioksidan yang tinggi, asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3). Kandungan-kandungan tersebut yang memelihara kesehatan organ-organ dalam tubuh kita; misalnya meningkatkan kinerja otak, menghindari diabetes tipe 2, menjaga fungsi hati, dan mencegah depresi serta gangguan mental lainnya. Ternyata kopi sehat banget kan?

minum kopi
Source Image: Fimale.com | Minum Kopi

Sebagai Beauty Tips

Ladies, jika kamu termasuk pencinta/penikmat kopi, kamu harus tahu menahu soal manfaat kopi yang satu ini nih! Merawat wajah merupakan hal yang cukup esensial buat para wanita. Selain produk-produk di luar sana, kalian juga bisa memanfaatkan kopi sebagai skin care alami loh. Misalnya, dengan membuat masker kopi. Kalian cukup mencampurkan bubuk kopi dengan madu atau susu, aduk hingga rata dan oleskan ke seluruh wajah. Berikut manfaat kopi untuk kulit kalian yang bisa kamu tuai :

  • Mengencangkan kulit wajah
  • Menghilangkan kantung mata yang besar
  • Menghaluskan wajah & menyamarkan flek hitam
  • Penangkal radikal bebas untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah


Setelah membaca keterangan di atas, kalian pasti sudah semakin tahu manfaat kopi kan. Jika kalian bertanya-tanya, “apakah mengonsumsi kopi setiap hari bisa berisiko?”. Menurut artikel The Healthy, mengonsumsi kopi rutin justru menyehatkan. Jangan khawatir, guys! Rutin minum kopi malah akan menghindari kalian dari risiko kanker dan parkison. Umumnya, kopi baik dikonsumsi 2-3 kali sehari (menurut ahli gizi Mehar Rajput).

Jadi, apalagi yang membuat kalian ragu minum kopi? Mulailah mencari tahu varian kopi apa yang kalian suka dan brand yang cocok dengan kalian. Jadikan kopi sebagai teman baik dalam mengerjakan aktivitas kalian.

Serba Serbi Kopi, Nikmat! Juga Menyehatkan