Minggu, 06 Juni 2021

Memiliki Rambut yang Sehat dan Berkilau Kini Bukan Hanya Impian Saja

rambut sehat
kiatkiatku.com | Rambut Sehat
Kiatkiatku.com - Rambut yang merupakan mahkota kepala dapat menunjang penampilan dan membuat pemiliknya lebih percaya diri. Setiap orang memiliki tipe rambut yang berbeda sehingga perlu cara merawat rambut yang berbeda pula. Pemilik rambut panjang biasanya memerlukan perlakuan ekstra agar rambut sehat.

Ciri-ciri Rambut Sehat

Mengetahui ciri-ciri rambut yang sehat menjadi langkah awal sebelum memulai perawatan rambut

  • Rambut terlihat lembut dan berkilau

Saat jari menyentuh rambut akan terasa kelembutan dan kehalusan dari rambut. Tidak ada cabang pada ujung rambut. Selain lembut, ciri lain adalah rambut sehat berkilau.

Jika rambut berkilau terutama saat terkena sinar matahari maka minyak alami pada kulit kepala telah mencapai lapisan luar rambut. Berbagai produk seperti hairspray akan menghalangi minyak alami tersebar ke seluruh rambut.

  • Rambut tidak mudah patah

Rambut yang tidak mudah patah menandakan rambut yang sehat karena elastisitas terjaga. Untuk mengetahuinya bisa dengan menyisir atau mengambil sehelai rambut. Kemudian renggangkan apakah mudah patah atau bisa merenggang dengan baik. 

  • Tingkat kerontokan rambut wajar

Rambut akan rontok karena merupakan siklus pertumbuhan dan rambut yang baru akan tumbuh lagi. Merupakan hal yang wajar jika rambut rontok sebanyak 50 hingga 100 helai setiap hari. Biasanya terjadi ketika menyisir rambut atau ketika keramas.

  • Rambut tidak mudah kusut

Kutikula rambut yang rusak menyebabkan rambut saling bersangkutan dan membuatnya kusut. Akan susah untuk menyisir rambut. Dengan cara merawat rambut yang tepat maka rambut bisa kembali sehat.

perawatan rambut
Source Image: grid.id | Pewatan Rambut

Perawatan Rambut yang Tepat

Cara merawat rambut agar tetap sehat adalah sebagai berikut:

  • Cuci rambut secara teratur

Frekuensi mencuci rambut harus menyesuaikan jenis rambutnya. Untuk rambut yang kering bisa mencuci setiap 2 atau 3 hari sekali. Sementara untuk rambut berminyak harus lebih sering mencuci rambut agar tidak tampak lepek.

  • Menggunakan sampo dan kondisioner

Dengan sampo kulit kelapa akan bersih dari kotoran, minyak, dan sisa dari perawatan rambut lainnya. Kondisioner memiliki kandungan khusus untuk menjaga rambut sehat berkilau, lembab, dan terlindungi. Tentu saja sesuaikan sampo dan kondisioner dengan kebutuhan rambut.

  • Melindungi rambut

Rambut yang terlalu sering terkena sinar matahari akan mudah kering dan rusak. Lindungi rambut dengan topi, payung, atau spray khusus jika harus beraktivitas di luar ruangan. Ketika berenang gunakan pelindung rambut agar meminimalkan dampak klorin.

  • Memotong ujung rambut

Ujung rambut merupakan bagian yang mudah bercabang dan rusak. Jika membiarkan ujung rambut yang bercabang tumbuh maka kerusakan rambut akan semakin bertambah. Potong ujung rambut yang rusak setiap 2 atau 3 bulan sekali.

  • Konsumsi makanan pendukung

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Berbagai vitamin dan mineral dapat diperoleh dari bermacam-macam makanan. Seperti mengkonsumsi daging sebagai sumber zat besi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar