Senin, 24 Mei 2021

Risiko!! VERY LOW CALORIE DIET

Diet rendah kalori
kiatkiatku.com | Very Low Calorie Diet
Kiatkiatku.com - Untuk memiliki tubuh ramping, beberapa orang bersedia membuat diet secara ketat terutama bagi para 'wanita', seperti very low calorie diet (VLCD) salah satunya. Meskipun dapat menurunkan berat badan dengan cepat, diet ini berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan penyakit.

Very low calorie diet adalah program penurunan berat badan yang cepat yang membatasi asupan kalori dengan sangat rendah. Orang-orang yang menjalani diet ini disarankan untuk membatasi asupan kalori hanya 800-1000 kalori sehari. Bahkan, kebutuhan kalori dewasa per hari adalah sekitar 2000-2500 kalori, tergantung pada aktivitas, berat, usia dan metabolisme tubuh.

Fakta tentang very low calorie diet.

very low calorie diet adalah jenis diet yang diprakarsai untuk menurunkan berat badan pada pasien obesitas, sehingga berat badan dan kondisi kesehatan mereka lebih terkontrol.

Jenis diet ini tidak direkomendasikan oleh wanita hamil, anak-anak, remaja dan pasien dari penyakit tertentu, kecuali dalam pemantauan dokter.

Selain itu, very low calorie diet hanya dapat dilakukan untuk waktu yang singkat, yang tidak lebih dari 12 minggu dan harus diawasi dengan cermat oleh dokter. Saat menerapkan diet ini, seorang pasien obesitas diperkirakan akan menurunkan berat badan sekitar 18-20 kg dalam waktu 3 bulan.

Pada pasien obesitas, diet ini bertujuan untuk membantu mereka memperoleh berat badan yang ideal dan mengurangi risiko penyakit tertentu karena obesitas, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, stroke dan osteoarthritis.

bahaya diet rendah kalori
Source Image: express.co.uk | Bahaya VLCD

Risiko very low calorie diet

 Mengingat jenis diet ini sangat rendah kalori, maka diet VLCD non-pengawas tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan risiko kesehatan.

Sebelum mencoba diet ini, Anda harus mengetahui beberapa dampak dari diet rendah kalori yang dapat terjadi, yaitu:

  • Kekurangan nutrisi
  • Perubahan metabolisme tubuh
  • Mudah lelah dan lemah
  • Daya tahan tubuh melemah
  • Mengurangi kepadatan tulang
  • Pembentukan batu empedu
  • Rambut Rontok


Diet rendah kalori dapat menyebabkan asupan protein, zat besi, vitamin, dan karbohidrat berkurang. Bahkan, beberapa jenis nutrisi yang berperan peran penting dalam pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk rambut dan kuku. Alih-alih menurunkan berat badan dengan cepat, lebih baik memilih diet sehat yang lebih aman untuk mencapai berat badan yang ideal.

Sebaiknya jangan mencoba diet secara ekstrem. Alangkah, baiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu, agar dokter dapat menentukan jenis diet yang cocok untukmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar