Sabtu, 29 Mei 2021

Perawatan Kuku Sembarangan!! Berisiko Jamur

merawat kuku
kiatkiatku.com | Merawat Kuku

Kiatkiatku.com - Bagi wanita mempercantik diri adalah sebuah kebutuhan yg wajib. Terlepas dari rambut dan wajah, kuku juga perlu diperhatikan. Beberapa wanita bersedia menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mempercantik kuku. Memang, memiliki kuku  indah dan sehat dapat membuat merasa bahagia dan percaya diri. "Cantik itu MAHAL" bang! :p.

Perlu di perhatikan pada saat Anda melakukan perawatan kuku terlalu sering, ada kemungkinan berisiko terkena jamur kuku. Biasanya, penularan jamur pada kuku ditularkan lewat gunting dan bak rendam kaki. Tentunya Anda harus berhati-hati untuk memilih salon kecantikan yg tepat.

Timbulnya Jamur Kuku

Secara normal tubuh Anda terdapat jamur. Pada lingkungan lembap dan hangat biasanya jamur tumbuh subur. Pertumbuhan jamur yg berlebih bisa mengakibatkan infeksi jamur kuku. Jamur yg meng-infeksi bisa berasal dari orang lain yg terinfeksi jamur. Selain itu, jamur bisa jg berasal dari jamur yg sudah ada di permukaan atau di dalam tubuh Anda. Terkadang sebagian orang akan berisiko tinggi terhadap infeksi jamur, seperti orang dgn kelainan sirkulasi darah, berenang di kolam renang umum, membiarkan jari-jari tangan atau kaki dalam kondisi lembab dalam waktu yg lama, memiliki sistem imun tubuh yg lemah, mengenakan sepatu tertutup sepenuhnya seperti sepatu tenis atau sepatu bot, penderita diabetes, serta berumur di atas 65 thn.

Biasanya, infeksi jamur berawal dari ujung kuku, lalu menyebar ke tengah kuku. Warna kuku akan berubah dan kuku akan mudah diangkat ataupun di kupas. Selain itu, kuku akan gampang rapuh dan menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada di sekitar kuku.

contoh jamur kuku
Source Image: www.amazine.co | Contoh Jamur Kuku
Karena itu, rajinlah merawat kuku dengan baik agar dapat terlihat cantik, sehat dan bersih. Kiat-kiat untuk merawat kuku, di antaranya:

  • Hindari pembersih cat kuku  terbuat dari aseton
  • Jangan mencuci tangan terlalu sering dan membatasi penggunaan bahan pembersih mengandung bahan kimia
  • Jangan menggigit kuku
  • Melembapkan kuku dan jangan memotong lapisan tipis mati di tepi kuku
  • Rutinlah memotong dan menghaluskan ujung kuku kaki dan tangan menggunakan gunting kuku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar